Portal dalam Area Bisnis

Ada empat komunitas yang muncul berasal dari perusahaan.

Empat komunitas yang terdiri dari perusahaan dan perluasannya adalah :

  1. Pekerja
  2. Pelanggan
  3. Suplier
  4. Rekanan dagang.

Masing-masing komunitas membangkitkan dan menggunakan informasi sebagai bagian dari kebutuhan bisnis yang unik, proses, aliran kerja, kolaborasi, aplikasi dan teknologi yang mendukung tujuan dalam memimpin bisnis dan menciptakan nilai.

Dengan mengidentifikasi kebutuhan informasi (fakta) untuk diberikan ke komunitas, solusi-solusi informasi didesain dalam arsitektur portal dan solusi. Solusi ini mempengaruhi aplikasi yang ada dan infrastruktur untuk menciptakan nilai meningkatkan hasil bisnis.

Berikut ini dijelaskan karakteristik dari masing-masing komunitas dan hubungan dengan pelaku bisnis.

 

  • Employee Community– Komunitas Pekerja.

Aset terbesar dari perusahaan adalah manusia. Employee portal didesain agar komponen manusia dari organisasi dapat produktif dan sukses semaksimal mungkin. Dalam hal ini, perusahaan mendistribusikan kewenangan, tanggung jawab, dan pengambilan keputusan.- membuat kunci bagi para pekerja dan memperkuat kualitas individunya, dalam sebuah tim kerja collaborative, untuk membuat kunci keputusan, memimpin aktivitas dan menciptakan hasil dan nilai bisnis.

Hasil dari peningkatan dan penguatan bisa dilihat ada bidang sebagai berikut :

o Sumber Daya Manusia

o Rekruitmen

o Training

o Accounting

o Analisis dan perencanaan Finansial

o Hukum

o IT

o Manajemen Proyek

o Riset dan Development

Dengan portal komunitas pekerja, penghimpunan data dan informasi tentang pekerjanya dan manajemen sehingga memungkinkan individu dan kelompok menjadi lebih produktif, memproduksi lebih banyak kerja dengan jumlah orang lebih sedikit, berbagi pengalaman terbaik, bekerja lebih efisien dan membuat keputusan lebih baik pada waktu yang tepat.

  • Customer Community – Komunitas pelanggan.

Fokus dari portal komunitas pelanggan adalah untuk meningkatkan kemampuan perusahaan untuk belajar, melayani, dan mempertahankan pelanggan.

Perusahaan berkompetisi untuk memperoleh pelanggan dan membangun loyalitas dan hubungan persahabatan dalam waktu yang lama.

Manfaat kompetisi menjadikan lebih dalam hal kedekatan dengan pelanggan, hubungan dan jasa dibandingkan dengan featur dan inovasi. Dengan portal yang aman dan berskala, bisnis dapat mengirim informasi kunci ke dalam dan keluar firewall sehingga pekerja dan pelanggan dapat melihat produk dan harganya, jalur pemesanan, pengecekan inventori dan melihat pengiriman dan status jasa telepon (pemesanan via telepon). Tingkat informasi konsumen dan self service akan meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan retensi (tingkat ketahanannya).

Jika suatu organisasi menawarkan kepada pelanggan eksternal akses pada informasi internal yang terpilih, mereka akan berubah, menyediakan cara efektif untuk memberikan lebih baik dalam hal :

o Pemasaran

o Prospek

o Penjualan

o Jasa lapangan (Field service)

o Manajemen hubungan

o Pemesanan

o Jasa pelanggan

o Layanan pendukung

Ini terutama benar untuk bisnis yang berusaha menuju integrasi model B2E dan B2C.

  • Supplier Community – Komunitas pemasok.

Portal komunitas suplier dirancang meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengidentifikasi, menjaga, dan mengatur para suplier (pemasok barang). Organisasi mengintegrasikan dan mentransfomasikan rantai pasokan dan merealisasikan nilai lebih dari informasi per menit agar tercipta manajemen yang lebih efisien. Organisasi juga mencoba untuk mengurangi pemborosan, meningkatkan waktu ke pasar dan mengurangi biaya keseluruhan.

Peningkatan aliran informasi melintasi organisasi dan rantai suplai akan memungkinkan pekerja untuk proaktif, pengambilan keputusan berbasis fakta untuk mempertinggi :

o Pemesanan dan fullfilment

o Pasokan barang

o Perencanaan

o Sumber daya

o Kontrol inventori

o Distribusi dan logistik

o Manufaktur

Portal informasi komunitas suplier memungkinkan pengguna dan rekan kerja eksternal berada pada titik mendekati rantai suplai untuk menggunakan informasi secara efektif untuk meningkatkan proses dan waktu menuju pasar, mengurangi biaya dan mengatur bisnis lebih efektif.

  • Partner Community – Komunitas rekan kerja.

Perusahaan berfokus pada persaingan inti dan ketergantungan pada rekan kerja yang sinergis untuk hadir di pasar dan memperoleh manfaat kompetitif. Perusahaan berusaha untuk mencari cara mengurangi biaya, meningkatkan waktu mereka ke pasar, meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dan secara umum meningkatkan hubungan dengan pemasok barang (suplier) mereka. Organisasi butuh fleksibilitas dan kecekatan untuk memasuki dan keluar dari hubungan kerja, berdasarkan pada perubahan dinamis dan tekanan kompetitif di pasar.Banyak perusahaan  seperti Cisco secara signifikan tergantung pada penjualan tak langsung dan saluran produk dengan rekan kerja untuk mempercepat waktu ke pasar dan memperoleh manfaat kompetitif.

Community Partner memungkinkan pegawai perusahaan sebagai saluran rekan kerja untuk melihat informasi yang melintasi perusahaan dan saluran rekan kerja.

Beberapa contoh yang termasuk :

o Dokumen pembagian penjualan, jadwal peluncuran produk.

o Memimpin distribusi untuk saluran penjualan kembali.

o Peramalan manajemen dari banyak saluran partner (multiple channel partner).

o Mengumpulkan informasi data partner terbaru (up to date)

o Berkolaborasi dalam kesempatan penjualan bersama (joint selling).

o Menyediakan saluran dengan berdasar pengetahuan untuk dukungan penjualan dan teknik.

o Menyediakan akses untuk training khusus bagi partner, dokumentasi, dan lainlain.

o Penjadwalan sumber daya berdasarkan permintaan.

o Mengumpulkan feedback (umpan balik) dari partner untuk penjualan dan isu produk

Pada umumnya, baik perusahan maupun rekan kerjanya ingin mengetahui produk yang dijual, berapa banyak pendapatan yang dihasilkan, berapa jumlah permintaan dan bagaimana sumber daya yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi permintaan. Dalam hal ini mereka ingin mengetahui apa faktor penghambat utama (bottleneck) dalam proses dan bagaimana meningkatkan proses terkombinasi. Perusahaan akan memanfaatkan portal informasi partner ini untuk menyediakan akses dan berbagi informasi antar nilai mata rantai dengan partnernya, untuk mengkolaborasikan penjualan, pengiriman dan melayani pelanggan yang berkombinasi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s