1. PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)

1.1 DEFINISI KECERDASAN  BUATAN Definisi Kecerdasan  Buatan

H. A. Simon [1987] :

Kecerdasan buatan (artificial intelligence ) merupakan kawasan

penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas

Rich and Knight [1991]:

Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana

membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

Encyclopedia Britannica:

Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang

dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan

Tujuan dari kecerdasan  buatan menurut Winston dan Prendergast  [1984]:

1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)

2. Memahami  apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)

3. Membuat mesin lebih bermanfaat  (tujuan entrepreneurial)

AI dapat dipandang dalam berbagai perspektif.

Dari perspektif Kecerdasan  (Intelligence)

AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia

Dari perspektif bisnis, AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.

Dari perspektif pemrograman (Programming), AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan  masalah, proses pencarian (search)

o Umumnya program AI lebih fokus pada simbol-simbol daripada pemrosesan numerik (huruf, kata, angka untuk merepresentasikan obyek, proses dan hubungannya).

o Pemecahan  masalah -> pencapaian tujuan

o Search -> jarang mengarah langsung ke solusi. Proses search menggunakan beberapa teknik.

o Bahasa pemrograman AI :

§   LISP, dikembangkan awal tahun 1950-an, bahasa

pemrograman pertama yang diasosiasikan dengan AI.

§   PROLOG, dikembangkan pada tahun 1970-an.

§    Bahasa pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented  Programming  (Objective C, C++, Smalltalk, Java)

Dari perspektif penelitian  (research)

o Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas- tugas sederhana)

o “Artificial intelligence ” adalah nama pada akar dari studi area.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s