BAB 6

BAB VI

VIRUS

Pengertian Virus Komputer secara umum

Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.

Pengertian Varian Virus Worm, Trojan Dan Spyware

1. Worm, adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.

2. Trojan, adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet.

3. Spyware, adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.

ü Salah satu modus Penyerangan Virus, Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi / application tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan.

 

Tanda-Tanda/Ciri-Ciri Komputer Kita Terkena/Terinfeksi Virus Komputer

1. Komputer berjalan lambat dari normal

2. Sering keluar pesan eror atau aneh-aneh

3. Perubahan tampilan pada komputer

4. Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer.

5. Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.

6. Suka muncul pesan atau tulisan aneh

7. Komputer hang atau berhenti merespon kita

8. Harddisk tidak bisa diakses

9. Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.

10. Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak.

11. Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.

12. Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.

13. File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. dan lain-lain.

14. Dan yang paling ekstreem ketika komputer dalam tahap terinfeksi, komputer kita dapat di mainset atau dikendalikan menjadi komputer zombie yg bertugas mengirimkan data-data penting ke Pembuat virus.

 

Contoh bentuk media penyebaran virus komputer dari komputer yang satu ke komputer yang lain

ü Media Penyimpanan (disket, flashdisk, harddisk eksternal, zipdisk, cd, dvd, bluray disc, cartridge, dan lain sebagainya) .

ü Jaringan lan, wan, man, internet dan lain sebagainya.

ü File attachment atau file lampiran pada email atau pesan elektronik lainnya.

ü File software (piranti lunak) yang ditunggangi virus komputer.

 

Cara yang paling ampuh agar kita tidak terkena virus komputer

ü adalah dengan cara menginstall program komputer yang orisinil atau asli bukan bajakan yang tidak ditunggangi virus dan kawan-kawan, tidak menghubungkan komputer dengan jaringan atau internet, serta tidak pernah membuka atau mengeksekusi file yang berasal dari komputer lain.                   ü Lebih waspada ketika berselancar di Internet, khususnya disitus-situs bertipe XXX, apalagi jika menemukan pesan-pesan iklan/banner yg kurang jelas yg terkadang menuntun kita untuk mengklik pesan-pesan yg menjebak.                                                                                                                               ü Selektif dalam menerima/membuka email yg masuk dengan tujuan-tujuan yg terkadang berunsur negatif.                                                                                                                                                                                      ü Tetapi cara diatas seperti itu terlalu ekstrim, dalam penggunaan komputer sehari-hari karena biasanya kita melakukan pertukaran data, email atau file dengan komputer lain baik berupa file pekerjaan, file gambar, file attachment, file musik, file video, dan lain sebagainya.

 

Jadi untuk menghindari komputer kita diinfeksi dan terserang virus maka kita harus waspada dalam berinteraksi dengan file dari komputer lain, file dari media penyimpanan dari orang lain (misalnya dengan media seperti Flasdisk dsb), attachment email, pertukaran file jaringan, lubang keamanan komputer kita, dan lain-lain. Coba Pasanglah antivirus yang bagus yang di update (freeware antivirus) secara berkala serta program firewall untuk jaringan dan anti spyware dan adware untuk menanggulangi jenis gangguan komputer lain, biasanya lebih efektif jika menggunakan antivirus dalam negeri untuk menghadapi serangan virus-virus komputer lokal (dari Indonesia).

Tahukah Anda ?

Virus yang pertama kali muncul di dunia ini bernama “Elk Cloner” lahir kira-kira tahun 1981 di TEXAS A&M. Menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Sang perusak ini mendisplay pesan di layar : “It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!” Hi……………….

Nama “Virus” itu sendiri baru diberikan setelah 2 tahun kelahirannya oleh Len Adleman pada 3 November 1983 dalam sebuah seminar yang ngebahas cara membuat virus and memproteksi diri dari virus. Tapi orang-orang sering menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah virus “Brain” yang justru lahir tahun 1986. Wajar aja, soalnya virus ini yang paling menggemparkan dan paling meluas penyebarannya karean menjalar melalui disket DOS yang waktu itu lagi ngetrend. Lahirnya juga bersamaan dengan PC-Write Trojan dan Vindent.

Mulai saat itu, `virus mulai menguasai dunia. Perkembangannya mengerikan dan sangar banget ! berselang satu tahun muncul virus pertama yang menginfeksi file. Biasanya yang diserang adalah file yang berekstensi *.exe Virus ini bernama “suriv” termasuk dalam golongan virus “jerussalem”. Kecepatan penyebarannya cukup ‘menggetarkan hati’ untuk saat itu. Tapi virus ini tdk terlalu jahat’ soalnya virus ini menghantam dan menghajar mainframe-nya IBM nggak lama-lama, cuma setahun (eh setahun itu lama apa sebentar ya…?.

Para Cracker memang tidak pernah puas. Setiap muncul sistem operasi atau program baru, mereka sudah siap dengan virus barunya. Kamu yang sering ngetik dengan MS Word mungkin pernah nemuin virus Titassic. Ini virus local asli Indonesia lho… and uniknya, virus ini ngingetin kita buat sholat tepat pada waktunya (waduh, alim juga ya..) Tapi jangan salah, virus macro yang punya judul concept ini juga bisa berhati jahat, sangar and ganas banget. Soalnya si alim yang jahat ini bakalan ngemusnahin 80% file-file data and program korbannya.

Nah, seiring dengan perkembangan teknologi, muncul virus pertama yang mengkombinasi virus macro dan worm. Namanya cukup manis “Melissa” Tapi nggak semanis namanya, virus ini bakalan menyebar ke orang lain lewat E-Mail and yang paling menyakitkan, ia bakalan nyebar ke semua alamat E-Mail yang ada di address book-mu. Dan saat ini muncul jutaan virus yang bergentayangan nggak karuan di alam Internet.

DAFTAR 10 VIRUS KOMPUTER PALING MEMATIKAN

1. Nimda : Ini juga tahun 2001, kebalikan dari kata “admin”. Penyebarannya sangat cepat, menurut TruSecure CTO Peter Tippet, Nimda hanya butuh 22 menit buat menjadi Top Ten saat itu. Target nya server2 Internet, menyebar lewat Internet. Nimda akan membuat backdoor ke OS, jadi penyerang bisa akses ke server dan berbuat apa saja.

2. DDoS. Code Red & Code Red II : Muncul musim panas 2001, nyerang OS Windows 2000 & NT. Virusnya bakal bikin buffer penuh jadi ngabisin memori. Paling seru waktu berhubungan dengan White House, semua komputer yang terkena Virus ini bakalan otomatis akses ke web server di White House bersamaan, jadi bikin overload, alias serangan DDoS. Akhirnya Microsoft merilis patchnya saat itu.

3. The Klez : Muncul tahun 2001, menyebar via email, replikasi trus kirim ke orang2 di address book. Membuat komputer anda tidak bisa beroperasi, bisa menghentikan program antivirus anda.

4. ILOVEYOU : Setelah “Melissa”, muncul virus ini dari Filipina, bentuk nya worm, program standalone dapat me-replikasi sendiri. Menyebar via email, judulnya”surat cinta” dari pengagum rahasia . Original file nya LOVE-LETTER- FOR-YOU.TXT. vbs. VBS singkatan Visual Basic Scripting. Penciptanya adalah Onel de Guzman dari Filipina. Mungkin virus ini juga pernah muncul dalam tabloid PCMEDIA.

5. Melissa : Dibuat tahun 1999 oleh David L Smith, basicnya Microsoft Word macro. Menyebar via email dengan dokumen “Here is that document you asked for, don’t show it to anybodey else.”. Kalau sampai dibuka, virus akan replikasi dan otomatis mengirim ke top 50 di address book email. Smith dipenjara 20 bulan dengan denda $5000 dan melarang akses komputer tanpa pengawasan.

6. Storm Worm : Muncul tahun 2006, disebut “Storm Worm” karena menyebar via email dengan judul “230 dead as storm batters Europe”. Storm worm adalah program Trojan house. beberapa versinya bisa membuat komputer menjadi bots. Atau biasa digunakan hacker untuk spam mail melalui internet. Ini virus pernah menyerang komputer saya beberapa minggu yang lalu.

7. Leap-A/Oompa- A : Mac yang punya konsep security through obscurity yakin tidak akan terserang virus karena OS nya sistem tertutup. Tapi tahun 2006, virus Leap-A atau biasa disebut Oompa-A muncul. Menyebar lewat iChat pada Mac. Setelah Mac terserang, virus itu akan mencari kontak melalui iChat dan kirim pesan ke tiap kontak itu. Pesannya itu berisi file corrupt yang berbentuk JPEG. Memang tidak berbahaya, namun hal ini menyatakan bahwa masih mungkin akan ada virus berbahaya yang menyerang MAC.

8. Sasser and Netsky : Penciptanya adalah anak Jerman umur 17 tahun, Sven Jaschan. Sasser nyerang Microsoft Windows. Sasser ini tidak menyebar via email. Tapi jika satu komputer koneksi ke komputer yang terkena virus ini. Virus ini akan membuat komputer tidak bisa di-shutdown kecuali anda mencabut power. Netsky menyebar melalui email dengan 22 Kb attachment file dan jaringan Windows. Bisa membuat serangan DoS pula. Sven Jaschan

 

 

tidak dipenjara, hanya diberi masa percobaan 1 tahun 9 bulan, karena umurnya masih di bawah 18 tahun.

9. MyDome (Novarg) : Mulai menyerang tanggal 1 Februari 2004, virus ini membuat backdoor di OS. Pertama kali tanggal 1 itu mulai DDoS. Kedua, tanggal 12 Feb, virus ini berhenti menyebar dan mulai membuat backdoors. MyDoom menyebar via email, selain itu selalu search di search engines, seperti Google mulai menerima jutaan permintaan pencarian dan membuat lambat sampai akhirnya crash. Gara2 MyDoom, Senator US Chuck Schumer mengajukan pembuatan National Virus Response Center.

10. SQL Slammer/Saphire : Muncul Januari 2003, menyebar dengan cepat lewat internet. Waktu itu sempat membuat layanan ATM Bank Amerika crash, hancurnya layanan 911 Seattle, dan Continental Airlines. Membatalkan beberapap penerbangan karena error check in dan tiketing. membuat kerugian lebih dari $1 milliar sebelum dipacthed.

 

12 Alasan kenapa orang membuat virus komputer

Hampir sebagian besar pengguna komputer tentu tidak akan suka dengan yang namanya virus komputer. Virus komputer dalam artian adalah program yang beragam jenisnya yang bersifat mengganggu, merusak, menjengkelkan dan membahayakan, mulai dari malware, spyware, adware, worm dan trojan.

Yang membuat kita tak habis pikir adalah dengan alasan apa ada orang di dunia ini yang ‘iseng’ membuat virus komputer sehingga membuat kesal para pengguna komputer.

Ada banyak alasan yang membuat seseorang menciptakan virus komputer, mulai dari motif pribadi, motif materi, sampai motif yang berbau mata-mata. Mari kita lihat 12 motif atau alasan dibalik kenapa seseorang membuat virus komputer.

1. Karena marah, Jika ada seseorang marah dia tentu bisa berbuat apa saja dan begitu pula jika yang sedang marah itu seorang programmer komputer yang bisa membuat virus komputer. Bayangkan jika programmer yang marah itu adalah pegawai di satu perusahaan yang marah karena ia dianggap tidak becus membuat suatu program untuk perusahaan dan akhirnya menyalurkan kemarahannya itu dengan membuat virus komputer yang menyerang seluruh komputer yang ada di perusahaan tersebut.

 

 

2. Melakukannya demi ‘kesenangan‘, Aneh memang jika ada orang yang membuat virus komputer demi kesenangan atau kepuasan pribadi. Orang seperti ini akan merasa senang atau puas ketika ia melihat hasil karyanya diliput luas oleh media cetak dan elektronik dan disebut sebagai seorang ‘elit’ yang berhasil merusak banyak komputer.

3. Spionase, Kegiatan spionase adalah tindakan mengumpulkan informasi untuk tujuan selain mencuri identitas atau demi materi. Biasanya dilakukan oleh mereka yang berkecimpung di dunia intelijen dan dilakukan guna mendapatkan informasi dari orang yang sebelumnya sudah mereka targetkan. Banyak orang yang khawatir dengan pembuat hardware asal Cina, mereka khawatir ada backdoor dalam hardware tersebut yang sengaja ditanamkan oleh pemerintah Cina atau pemerintah India yang khawatir dengan BlackBerry dan meminta pihak RIM menyediakan universal decryption keys untuk semua

perangkat BB yang dijual di negara tersebut.

 

4. Gang online, Sekumpulan penjahat cyber yang membentuk gang. Ternyata gang online itu benar-benar nyata dan ada di dunia maya. Demi prestise gang-nya, biasanya mereka berkompetisi dengan gang online lainnya memperebutkan predikat gang online terbaik.

5. Naluri hacker, Seseorang dengan pola pikir hacker akan memiliki ketertarikan yang begitu tinggi tentang suatu hal dan tidak mudah puas kecuali ia mempraktekkannya sendiri. Sebagai contoh ia ingin mengetahui tentang kelemahan sebuah sistem operasi hp dengan membuat program kecil dan karena dia ingin tahu seberapa jauh pengaruhnya maka ia ujicobakan program kecil tersebut ke orang-orang di sekitarnya.

6. Selain kepuasan pribadi, motif lainnya yang dianggap paling dominan adalah karena uang. Banyak para penjahat cyber yang bisa disewa dengan sejumlah uang untuk melakukan spam, DDOS, botnet dan lain-lain.

7. Politik, Serangan virus, worm atau DDOS dapat dilakukan oleh suatu kelompok dengan alasan politik. Umumnya mereka mencoba mencari perhatian dari publik akan keberadaan mereka dan menyuarakan aspirasi mereka walaupun itu dengan cara-cara negatif.

8. Kisah percintaan dan drama, Cinta bisa memberikan kekuatan, kalimat itu memang cocok bagi para pecinta. Tapi bagaimana jika gagal cinta alias cinta ditolak, apakah bisa memberikan kekuatan juga? Kalau yang gagal cinta itu seorang programmer komputer atau mahir di bidang dan terlalu gelap mata maka bisa jadi ia akan menyalurkan emosinya untuk membuat virus komputer dengan menyisipkan puisi atau pesan bagi sang kekasih yang tidak bisa jadi pendampingnya. Ada yang merasa seperti itu?

 

 

9. Sabotase, Mungkin dengan dalih balas dendam atau kompetisi, seseorang atau perusahaan akan mengerahkan segenap kemampuan untuk melumpuhkan sistem informasi orang lain, baik itu dengan menyebarkan virus atau cara-cara lainnya sehingga dapat menghancurkan kredibilitas orang atau perusahaan saingannya tersebut. Dan praktek ini adalah praktek kotor yang tergolong kriminal.

10. Tantangan intelektual, Ego untuk menjadi nomer satu dalam suatu hal bisa melatarbelakangi seseorang membuat virus komputer. Ambil contoh saja jika ada sebuah perusahaan antivirus yang meluncurkan produk antivirus yang mengaku bisa membasmi segala macam virus komputer dan lalu orang itu tergerak ingin membuktikan bahwa dirinya adalah satu-satunya orang di dunia yang bisa membuat virus yang tidak bisa dideteksi oleh si antivirus.

11. Pemerasan, Ada pihak-pihak yang menggunakan keahliannya membuat virus komputer untuk memeras orang lain. Sebut saja virus Vundo/Antivirus2009/Antivirus360 yang memberikan pesan “You’re infected! Give us sixty bucks and we’ll fix it!”

12. Sebagai ‘resume‘, Ingin mendapat pekerjaan di perusahaan antivirus? Coba saja buat sebuah virus komputer yang sulit untuk dibersihkan, lalu buat juga cara untuk membersihkannya, kemudian kirimkan ke perusahaan antivirus. Hal seperti itu sama persis ketika anda membuat resume tapi kali ini adalah anda ingin diakui dan dipakai oleh perusahaan antivirus dengan menjual ‘hasil karya’ anda yang berupa virus komputer kepada mereka.

 

Berberapa Contoh Produk Antivirus dari Dalam & Luar Negeri

AVASTS ANTI VIRUS

Avast! 4 Home adalah salah satu program antivirus freeware yang tersedia bagi pengguna Microsoft Windows dan Linux. Avast! 4 Home juga ditargetkan untuk mencegah beberapa ancaman komputer, termasuk beberapa program yang secara harafiah bukan virus komputer seperti spyware, bahkan anti-spyware palsu, dan juga menyediakan basis data pemulihan (recovery database) yang akan memulihkan data yang terinfeksi, bukan menghapusnya. Program ini juga menyediakan terjemahan teks dan suara untuk 27 bahasa.

AVG ANTI VIRUS

AVG adalah Program Antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. Sebelum bernama AVG Technologies, perusahaan ini bernama Grisoft.

Revisi AVG Anti-Virus saat ini adalah versi 9.0.xxx dan sejak versi ke-10, program ini lebih menonjolkan tahun rilis daripada versinya, misalnya untuk versi 10 bernama AVG Anti-Virus 2011.

Keunikan AVG dari antivirus lain ialah LinkScanner. Guna LinkScanneradalah men-scan tautan pranala saat menjelajah di dunia maya.Link Scanner berfungsi dengan baik pada peramban Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Selain itu, kelebihan dari AVG adalah tersedianya fitur Anti-Rootkit.

PC MAV ANTI VIRUS

PCMedia AntiVirus disingkat PCMAV adalah perangkat lunak antivirus buatan PCMedia, sebuah majalah komputer Indonesia Selain menggunakan mesin antivirusnya sendiri, PCMAV juga dapat dipasangkan dengan mesin ClamAV sebagai tambahan sehingga dapat mendeteksi lebih dari 200.000 virus komputer. PCMAV juga dilengkapi dengan beberapa teknologi mutakhir, seperti ActiveCheck, DeepClean, SmartUnhide, dan GeneticHeuristic.

AVIRA ANTI VIRUS

Process Avira tidak dapat dengan mudah di “Kill Process”, baik dengan Task Manager maupun Process Explorer. lebih teliti dalam scan file-file komputer, termasuk crack

MC AFEE ANTI VIRUS

Kelebihan McAfee Antivirus :

Mampu menghambat lajunya virus yang beredar sekarang, apalagi virus yang beredar di jaringan internet

Mampu menghapus virus “scr (brontok)”

Dapat benar-benar membersihkan virus dari file yang terinfeksi, dimana antivirus yang lain langsung men-delete atau men-quarantine file terinfeksi tersebut

Dapat mendetect dan mendelete virus conficker

Kekurangan McAfee Antivirus :

Tidak bisa mendeteksi beberapa virus-virus lokal

Kalau pakai proteksi realime dapat membuat komputer lambat.

Update-nya sering terlambat, khususnya untuk virus lokal

File update yang berukuran besar, sehingga banyak memakan waktu

Update antivirus terbilang lambat karena 3 hari sekali baru up to date

NORTON ANTI VIRUS

Norton AntiVirus™ 2009 Gaming Edition merupakan proteksi virus tercepat, yang mampu menghentikan langkah spyware, botnet, worm dan ancaman lainnya, tanpa kemudian memperlambat kinerja computer. Kelebihan utama dari software Norton AntiVirus 2009 Gaming Edition adalah cepat dan efisien, ringan dan akurasi deteksi malware hingga 99 persen, memiliki mode Gamer untuk kelancaran kinerja computer. Namun, sayangnya tidak ada pilihan untuk mengabaikan file di jendela software sehingga terkesan tampak ‘agresif’.

Symantec telah dikritik karena banyak pelanggaran etika, terutama di cabang dukungan India, dimana teknisi dukungan akan memberitahu pelanggan bertanya tentang masalah tertentu yang sistem mereka terinfeksi dan oleh karena itu diperlukan teknisi untuk menghapusnya jarak jauh dengan biaya tambahan sebesar 99 euro, dan menolak untuk pengembalian apabila, sebagaimana dalam hampir semua kasus, sistem mereka tidak terinfeksi.

SMADAV ANTI VIRUS

Smadav 2010 Rev. 8 dirilis dengan berbagai fitur dan penyempurnaan baru yang dikhususkan untuk pemberantasan virus lokal. Fitur-fitur itu seperti Smad-Behavior yang bisa mengenali virus lokal baru yang belum ada di database Smadav dari tingkah lakunya ketika menginfeksi sistem. Smad-Ray yang bisa melakukan scan flashdisk secara otomatis setelah terpasang hanya dalam waktu maksimum 5 detik. Smadav 2010 lebih stabil dan sangat disarankan untuk digabungkan dengan antivirus internasional karena Smadav hanya bisa menangani virus lokal. Pengebalan flashdisk (menggunakan folder autorun.inf) telah disempurnakan lagi dan sebelumnya akan ada konfirmasi sehingga Anda bisa memutuskan apakah suatu flashdisk ingin dikebalkan atau tidak.

Sebagai informasi, dari sampel-sampel virus yang di-upload pengguna ke situs Smadav.net, penyebaran virus lokal saat ini sudah mulai turun drastis di Indonesia. Mungkin ini dikarenakan sudah banyaknya antivirus lokal yang bisa membasmi virus-virus lokal. Dan juga karena pengguna Windows XP yang sudah berkurang karena sebagian sudah meng-upgrade sistem operasinya menjadi Windows Vista atau Windows 7 yang sangat aman dari infeksi virus khususnya virus lokal. Penyebaran virus di Indonesia lebih banyak didominasi oleh virus dan malware internasional yang tentunya tidak bisa diatasi Smadav. Anda wajib dan sangat disarankan menggunakan antivirus internasional untuk perlindungkan komputer Anda dari virus dan malware internasional ini.

 

Iklan

2 thoughts on “BAB 6

    • sekarang ini sudah sangat banyak sekali perusahaan2 IT yang menciptakan aplikasi-aplikasi seperti aplikasi anti virus,jadi tidak usah takut jika komputer anda terkena virus karena sudah terlindungi oleh aplikasi anti virus itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s