Testing dan Implementasi Sistem Informasi : Bab 6

TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM

A. Pengujian Sistem Informasi
Setelah rancangan sistem informasi dibangun, kegiatan berikutnya adalah pembuatan program untuk sistem yang telah dirancang. Pemrograman merupakan kegiatan penulisan kode-kode program untuk dapat dijalankan atau dieksekusi oleh komputer. Program yang telah selesai dibangun tersebut kemudian dilakukan pengujian atau pengetesan. Pengujian program ini dilakukan untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat program dijalankan.

Kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat pengujian program adalah sebagai berikut :
1. Kesalahan bahasa, yaitu kesalahan tentang bahasa program yang digunakan dalam merancang program tersebut. Seperti : program yang dirancang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada di instansi tersebut.

2. Kesalahan sewaktu proses, yaitu kesalahan saat program dijalankan atau dieksekusi. Seperti : kesalahan dalam merelasikan/melookcup pada tabel lain.

3. Kesalahan logika, yaitu kesalahan dari logika program yang digunakan dalam membuat program tersebut. Seperti : logika dalam penghitungan total dp dalam rupiah tidak sesuai, sehingga sisa pembayaran tidak akurat.

Pengujian program dilakukan melalui dua tahap yaitu :
1. Pengujian terhadap modul-modul program, seperti pengujian pada menu program atau sub menu utama.

2. Pengujian unit atau pengujian program, yaitu pengujian terhadap unit suatu program yang bertujuan untuk mengintegrasikan antar semua modul tanpa adanya kesalahan lagi.

Dalam pengujian sistem informasi penjualan mobil ini penulis telah melakukan pengujian di labor kampus STMIK Indonesia Padang dengan disaksikan pembimbing I. Dari pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa :
1. Program yang dirancang sudah berjalan dengan baik dan tidak terdapat kesalahan.

2. Pada item laporan, dapat dihasilkan dengan menginputkan tanggal mulai dan tanggal akhir. Dari kedua item tersebut menghasilkan laporan customer, kendaraan, penjualan dan piutang per periode.

3. Dari laporan tersebut dapat dilihat kendaraan yang sudah terjual atau belum serta jumlah penjualan tunai dan penjualan kredit dalam periode tertentu.

B. Implementasi Sistem Informasi
Implementasi adalah kegiatan yang dilakukan setelah proses pengujian selesai dilaksanakan.

Kegiatan implementasi merupakan tahap sistem yang telah dibagun untuk dioperasikan. Perangkat yang diperlukan untuk implementasi sistem adalah sebagi berikut :
1. Personil adalah orang-orang yang terlibat dalam implementasi sistem tersebut. Baik itu yang akan dijalankan ataupun tenaga yang akan melatih untuk menjalankan sistem tersebut.

2. Tempat implementasi sistem merupakan tempat yang akan diterapkannya sistem ini.

3. Perangkat merupakan alat-alat yang akan digunakan dalam implementasi sistem, seperti software dan hardware.

Dalam implementasi sistem informasi penjualan mobil ini tidak dapat dilaksanakan pada instansi yang bersangkutan karena adanya hambatan-hambatan yang tidak memungkinkan untuk diimplementasikannya sistem ini. Hambatan yang terjadi antara lain :
1. Keterbatasannya perangkat-perangkat untuk mengimplementasikan sistem, seperti tidak mendukung fasilitas yang tedapat pada instansi tesebut.

2. Keterbatasan waktu dan biaya yang tidak memungkinkan diadakannya implementasi pada instansi tersebut.

C. Hasil Pengujian Sistem Informasi

1. Form Menu Utama
Form ini digunakan untuk membuka form-form yang ada di menu File, Data, Transaksi dan Report. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.1 berikut :

Image

Gambar 5.1 Tampilan menu utama

2. Form Login
Form ini digunakan untuk menghubungkan form dengan database serta untuk membatasi hak akses user. Form diisi sesuai jenis user, seperti pada gambar 5.2 berikut :

Image

3. Form Entry Customer
Form ini digunakan untuk menginputkan data lengkap customer sesuai dengan proses 1 pada DFD level 1. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.3 berikut :

Image

4. Form Pencarian Customer Per Nomor Customer
Form ini digunakan untuk pencarian customer per nomor customer. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.4 berikut :

Image

5. Form Kendaraan Masuk
From ini digunakan untuk menginputkan data lengkap kendaraan masuk sesuai dengan proses 2 pada DFD level 1. selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.5 berikut :

Image

6. Form Transaksi Penjualan
a. Transaksi Penjualan Tunai
Form ini digunakan untuk memproses transaksi penjualan tunai pada entry data transaksi penjualan. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.6 berikut :

Image

7. Transaksi Penjualan Kredit
From ini digunakan untuk memproses transaksi penjualan kredit pada entry data transaksi penjualan. Proses ini dilakukan apabila mengklik tombol combobox pada jenis penjualan. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.7 berikut :

Image

8. Form Browse Penjualan
Form ini digunakan untuk menampilakan seluruh transaksi penjualan. Selngkapnya dapat dilihat pada gambar 5.8 berikut :

Image

9. Transaksi Pelunasan
Proses pada form ini dilakukan setelah terjadinya proses pelunasan piutang yang diberikan lembaga keuangan. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.9 berikut :

Image

10. Form Setting Data Customer
Form ini digunakan untuk mencetak laporan data customer secara keseluruhan. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.10 berikut:

Image

11. Form Setting Data Kendaraan
Form ini digunakan untuk mencetak data laporan kendaraan kendaraan per periode. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.11 :

Image

12. Form Setting Penjualan
Form ini digunakan untuk mencetak laporan data transaksi penjualan secara per periode. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.12 :

Image

13. Form Setting Piutang
Form ini digunakan untuk mencetak laporan piutang secara per periode. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.13 :

Image

14. Form Setting Kwitansi
Form ini digunakan untuk mencetak kwitansi pembayaran penjualan tunai dan kredit. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar 5.14:

Image

15. Hasil Cetak Laporan Customer
Image

16. Hasil Cetak Laporan Kendaraan

Image

17. Hasil Cetak Laporan Penjualan

Image

18. Tampiln Cetak Laporan Piutang

Image

19. Hasil Cetal Kwitansi Tunai

Image

20. Hasil Cetak Kwitansi Kredit

Image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s