IT ISSURANCE BAB : 2

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Sumber Perangkat lunak
PL dapat diperoleh melalui :
1. Perangkat Lunak Komersial dari Vendor
2. Perangkat Lunak Pesanan (customized software)
dikembangkan secara in-house atau oleh kontraktor
pemrograman independent.

1.Perangkat Lunak Komersial dari
Vendor
• Paket (off-the-self) yang tersedia dapat diterapkan
dalam berbagai kebutuhan bisnis.
• Beberapa paket bersifat generik dan multifungsional
yang memungkinkan para pemakai memprogram
sofware tersebut untuk kebutuhannya sendiri.
• Paket-paket tersebut mengotomisasi fungsi-fungsi
bisnis dasar yang umumnya tidak terlalu bervariasi
dari satu organisasi dengan organisasi lain.
• Contoh jenis paket adalah spreadsheet dan DBMS.

Keuntungan dari Perangkat Lunak Komersial
1. Implementasi yang cepat
2. Penghematan Biaya
3. Estimasi biaya dan waktu di ketahui
4. Reliabilitas (telah diuji secara teliti)

1. Implementasi yang cepat
• Software tersebut bersifat siap, teruji, dan
terdokumentasi.
• Paket yang dibeli biasanya pengimplementasiannya
jauh lebih cepat dari pada mengembangkan
program yang sama secara in-house atau menyuruh
kontraktor independen untuk mengembangkannya
sehingga secara potensial membantu memecahkan
backlog (penimbunan pekerjaan yang belum
selesai).

2. Penghematan Biaya
• Satu paket perangkat lunak komersial bisa
dijual kepada banyak organisasi sehingga
biaya pengembangan ditanggung oleh banyak
pemakai, dan biaya total suatu paket akan
lebih murah dari pada program pesanan yang
sama.

3. Estimasi biaya dan waktu di ketahui
• Biaya atau harga paket komersial telah
diketahui, dan tanggal
pengimplementasian-nya mudah
diestimasi.
• Sebaliknya program pesanan biasanya
cenderung melampaui estimasi waktu
dan biaya.

4. Reliabilitas (telah diuji secara teliti)
• Sebelum diterbitkan di pasaran umum,
paket perangkat lunak komersial pasti
telah diuji secara teliti. Melalui
penggunaan yang ekstensif oleh
sejumlah organisasi, segala kesalahan
yang dijumpai telah dideteksi dan
dikoreksi sehingga peluang kesalahannya
lebih sedikit.

Kerugian/kelemahan
1. Kesesuaian Rancangan sistem yang tidak baik
2. Ketergantungan Vendor
3. Biaya tidak langsung dari kerusakan SDLC

1. Kesesuaian Rancangan sistem yang tidak baik
• Paket software komersial dibuat untuk berbagai organisasi,
dan tidak untuk organisasi tertentu maka paket ini mungkin
mempunyai beberapa fungsi yang tidak diperlukan atau
mungkin tidak mempunyai fungsi yang diperlukan sehingga
paket tersebut harus dimodifikasi.
• Jika vendor tidak membuat kode sumber (source code) yang
bisa digunakan untuk penyesuaian dan tidak menyediakan
layanan penyesuaian maka rancangan sistem mungkin harus
diubah agar sesuai dengan paket tersebut.
• Jika hal ini terjadi sebaiknya mengembangkan program
secara in-house agar programnya bisa memenuhi spesifikasi
rancangan sistem yang tepat.

2. Ketergantungan Vendor
• Jika organisasi memerlukan perubahan paketnya
maka organisasi akan tergantung pada vendor dalam
perolehan dukungannya, dan jika vendor telah tiada
maka organisasi akan kesulitan mencari
dukungannya.

3. Biaya tidak langsung dari kerusakan SDLC
• Seringkali apa yang ingin dicapai, manajemen tidak
melaksanakan SDLC menyeluruh atau mungkin
melewati tahap SDLC, dan secara langsung menuju ke
paket perangkat lunak komersial Strategi ini seringkali
mengakibatkan paket perangkat lunak komersial tidak
berjalan sesuai yang diharapkan dan masalah sistem
serta organisasional yang terjadi sebelum
implementasi paket tersebut tetap muncul sehingga
menimbulkan kesulitan atau harus dibayar kemudian
yaitu adanya peningkatan biaya implementasi,
operasi, dan pemeliharaan.

Menyiapkan permohonan untuk proposal
berorientasi kinerja
• Terkait dengan pemerolehan (akuisisi) perangkat lunak
komersial maka perlu membuat atau menyiapkan
Permohonan Proposal (Request For Proposal atau RFP)
berorientasi kinerja untuk menyeleksi vendor dan paket
perangkat lunak komersial yang tepat.
• Faktor-faktor evaluasi mencakup pemenuhan spesifikasi
rancangan detail untuk output, input, proses, dan database
serta cocok dengan batasan waktu dan biayanya, juga
penggunaan benchmark yang mensimulasi kebutuhan sistem
baru (bentuk prototyping) harus diterapkan pada setiap
paket dari vendor.

2. Perangkat Lunak Pesanan (customized software)
• Jika sistem yang sedang dikembangkan tidak bisa
didukung oleh paket software maka harus memesan
dari perusahaan jasa/kontraktor independen atau
membangun sendiri perangkat lunak (in-house) agar
sesuai dengan rancangan sistemnya.

Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak
(Software Development Life Cycle)
• Membangun perangkat lunak mengikuti tiga
tahap SWDLC, yaitu :
1. Rancangan (Design)
2. Kode (Code)
3. Uji (Test)

1.Rancangan (Design)
• Bagian dari rancangan sistem terinci yang akan dikonversi ke
program aplikasi yang dapat digunakan sebagai pedoman oleh
programmer dalam menulis program.

• Alat (tools) rancangan program yang pokok adalah :
> Bagan Terstruktur (Structure Chart)
> Bahasa Inggris Terstruktur (Structure English)
> Tabel Keputusan (Decision Tabel)
> Pohon Keputusan (Decision Tree)
> Persamaan/mirip bahasa pemrograman (Pseudocode)
> Kamus Data (Data Dictionary)
> Diagram Warnier/Orr (W/O)
> Diagram Jackson

2. Kode (Code)
• Menulis statemen dalam bahasa
pemrograman yang diasumsikan dibuat dan
dijalankan oleh programmer dan tidak secara
otomatis seperti yang dibangkitkan oleh paket
CASE (Computer Aided Software Engineering).
• Beberapa paket CASE akan membangkitkan
kode dari beberapa rancangan terinci sehingga
menghapus adanya kebutuhan pengkode
manusia (human coders).

3. Uji (Test )
• Pengujian terhadap semua modul kode untuk
mendeteksi dan menghapus kesalahan.
Mengorganisir proyek pengembangan PL

Tiga cara untuk mengorganisasi tim
pemrograman, yaitu :
1. Tim Pengembangan Program ( Program
development team)
2. Tim programmer kepala (chief programmer
team)
3. Tim pemrograman bersama (Egoless
programming team)

Konsep pabrik perangkat lunak
• Pabrik-pabrik perangkat lunak yang menerapkan prinsip
pengendalian kualitas dan manajemen proyek.
• Berbagai macam tujuan pabrik pengembangan perangkat
lunak, yaitu :
> Penerapan cara termekanisasi (terekayasa) untuk pengembangan
sistem dan perangkat lunak.
> Penggunaan perangkat pemodelan dan teknologi CASE
> Penginstalasian teknik manajemen proyek
> Penekanan pada kemungkinan kemampuan pemeliharaan
(Maintainability), penggunaan (Usability), penggunaan ulang
(reusability), kehandalan (reliability), perluasan faktor-faktor rancangan
(extandability) atau MURRE
> Pencapaian produktivitas pengembangan perangkat lunak dan sistem
yang optimal.

Mengukur Produktivitas Dalam
Pengembangan PL
• Produktivitas dapat diukur dengan rumus :
Output yang dihasilkan
• Produktivitas = ——————————–
Input yang dikonsumsi
• Produktivitas pengembangan perangkat lunak dapat
ditingkatkan dengan menaikkan output, menurunkan input,
atau keduanya.
• Input yang dikonsumsi relatif mudah diukur misalnya tenaga
kerja, workstation, pasokan, sebaliknya output relatif tidak
mudah diukur.
• Untuk mengukur output pengembangan perangkat lunak
dapat menggunakan teknik metrik.

Manfaat menggunakan metrik
• Manfaat menggunakan metrik yaitu :
1. Bisa mengelola proses pengembangan perangkat lunak
2. Bisa mengukur dampak perubahan misalnya perubahan ke
teknologi CASE atau dari satu generasi bahasa komputer ke
generasi lain
3. Bisa terjadi persepsi bahwa pengembangan perangkat lunak
lebih bersifat ilmiah (produk yang dimekanisasi)

Dua metrik yang paling berperan
Dua metrik yang paling berperan adalah :
1. Jalur Kode yang bisa dieksekusi (Lines Of Executable
Code atau LOEC)
2. Titik Fungsi (Function Point)

Brainstorming
1. Bagaimana tahapan pengembangan PL
2. S/W dpt di peroleh darimana saja atau dengan cara
bagaimana
3. Apa keuntungan s/w di bangun sendiri
4. Jika mau beli s/w apa yg di nilai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s