MULTIMEDIA DAN ANIMASI : BAB 4

MENGGUNAKAN FLASH

A. Mengatur Halaman Kerja

1. Menampilkan Grid
Grid digunakan untuk mempermudah pengaturan kesimetrisan halaman kerja. Untuk menampilkannya, pilih menu View – Grid – Show Grid atau dapat dengan menekan shortcut key Ctrl + ‘.

2. Menampilkan Garis
Pilih menu View – Ruller atau dapat dengan menekan shortcut key Ctrl + Alt + Shift + R.

3. Mengatur warna dan ukuran stage
Pilih menu Modify – Document hingga terlihat window Document Properties.

Dalam window document Properties tersebut anda dapat menentukan :

  • Property Lebar dan Tinggi lembar kerja anda dalam kolom Dimension agar sesuai dengan yang anda inginkan.
  • Background Color untuk mengganti warna latar belakang sesuai dengan warna latar yang anda inginkan.
  • Frame rate untuk menentukan jumlah frame yang dimainkan per detiknya dengan ukuran fps atau frame per second.
  • Ruler Unit untuk mengubah ukuran sesuai dengan yang anda inginkan.

4. Memahami Timeline
Timeline berisi layer dan frame.

  • Memahami Layer
    Layer berarti lapisan, yaitu lapisan objek yang bertumpuk dengan urutan tertentu. Urutan layer didasarkan pada posisinya. Layer digunakan untuk mempermudah pengeditan setiap objek, baik itu pengeditan animasi maupun bentuk.
  • Memahami Frame
    Apabila film memiliki rool yang berisi rekaman gambar-gambar, maka fungsi frame tidak berbeda dengan itu, yaitu sebagai tempat pengaturan penampakan objek.

5. Library
Fungsi library dapat digambarkan sebagai perpustakaan yaitu sebagai tempat penyimpanan objek yang dapat digunakan secara berulang-ulang. Objek yang diimport dari luar akan masuk dan disimpan dalam library. Penggunaan file dari library tidak menambah ukuran file, walaupun digunakan berulangkali. Mengaktifkan Library dapat dipilih dengan Shortcut key Ctrl + L.

MENGENAL ACTION SCRIPT

Dalam Flash kita dapat membuat objek dalam aplikasi yang kita buat menjadi lebih interaktif. Untuk membuat interaktivitas dalam Flash kita dapat mengunakan perintah-perintah yang biasa disebut dengan Actionscript. Pada dasarnya actionscript yang kita buat hampir sama dengan bahasa pemrograman Javascript, maka jika anda telah terbiasa dengan bahasa pemrograman ini
maka ini akan sangat membantu anda dalam membuat aplikasi menggunakan actionscript ini. Dalam actionscript anda harus memahami tiga macam komponen untuk membuat aplikasi anda menjadi lebih interaktif, yaitu :
1. Event
Merupakan peristiwa yang terjadi untuk memicu sebuah aksi pada objek.
2. Action
Merupakan aksi atau kerja yang dikenakan atau diberikan pada suatu objek.
3. Target
Merupakan objek yang dikenai oleh aksi.
Actionscript dalam Flash MX Profesional 2004 terdapat dalam panel Action yang dapat anda tampilkan dengan memilih menu Window – Development Panel – Action, atau dengan menekan tombol F9 pada keyboard.
Dalam Panel Action, anda dapat mengetikkan perintah langsung ke dalam jendela yang tersedia, ataupun dengan memilih menu bantuan yang sudah disediakan pada panel.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s