PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK : BAB 4

Analisa Desain Berorientasi Objek

Obyek dan Class

  • Real-World vs Data-World Objects
  • Class dan klasifikasi
  • Objek Transient dan Persistent Objects
  • Objek: Class atau Instance?
  • Asosiasi

Real-World vs Data-World Objects

  • Seorang analis harus memahami dan mendokumentasikan dunia nyata dimana user berada
  • Kemudian membuat produk pada komputer
  • Untuk membantu user dlm mengerjakan pekerjaannya
  • Analis yg efektif harus menjamin produk pada komputer secara akurat merupakan cermin dunia nyata kebutuhan pengguna

Sesuatu Hal…
ENTITY
Obyek adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, dimana obyek-obyeklah yg menyusun dunia ini.

  • mobil, kereta api, sale, faktur, rekening, dll

Atribut /properti mendeskripsikan:

  • Merek, Model, Tahun,
  • Warna, Berat,
  • No seri, No Izin.

Relationship pada obyek lain:

  • Pada obyek Orang, seperti : pemilik.

OBJECT

  • Behavior :
  • Pembuatan
  • Perubahan warna
  • Penggantian Pemilik
  • Dihancurkan sendiri

Pada DATA WORLD

ENTITY
– Kita mempunyai beberapa jenis record pada komputer untuk setiap objek dunia nyata
– Membawa data untuk atribut

  • Merek, Model, tahun, warna, berat, no seri, no izin
  • Nilai atribut merepresentasikan state (keadaan) obyek

– Menghubungkan beberapa jenis relationship

  • Foreign Key atau pointer

OBJECT
– Membawa kode program utk setiap behavior

  • Create, Change Owner, Change Color, Delete
  • CRUD: Create, Read, Update, Delete.

Contoh : Aktivitas Perkuliahan

  • Dari aktifitas perkuliahan tsb. Ada 3 objek yang langsung dapat dikenali yaitu :
  • Dosen (yang memberikan kuliah)
  • Mahasiswa (yang mengikuti kuliah)
  • Materi Kuliah

Ada 2 objek lain yang bisa dikenali :

  • Jadwal Kuliah dan Nilai yg didapat mhs dr mt kuliah yg diikutinya

 

  • Abstraksi dan pemodelan untuk salah satu dari ke 5 objek tsb,mis: objek DOSEN adalah :

– Menjadi kelas : DOSEN
– atribut : kode dosen
– nama dosen
– pendidikan dll.
– Operasi : rekam
– update
– delete dll.

Sehingga…

  • Sebuah Obyek Data adalah suatu abstraksi dari beberapa hal di dunia nyata dengan dua hal yg dibawanya, data yang menggambarkan objek dunia nyata, dan operasi (yaitu, kode program) untuk mengakses data tersebut.

Obyek

  • Dalam pemrograman, data-data di dalam objek akan direpresentasikan dengan variabel atau  konstanta, sedangkan perilaku akan direpresentasikan dengan prosedur atau fungsi, yang kemudian disebut dengan method.

Obyek dan Class

  • Real-World vs Data-World Objects
  • Class dan klasifikasi
  • Objek Transient dan Persistent Objects
  • Objek: Class atau Instance?
  • Asosiasi

Class

  • Adalah kumpulan dari objek2 dengan karakteristik sama.
  • Setiap kelas akan mempunyai sifat(atribut),kelakuan(operasi), hubungan(relationship) dan arti
  • Suatu kelas dapat diturunkan dari kelas yg lain,dmn atribut dari kelas semula dapat diwariskan ke kelas yang baru
  • Class Kendaraan terdiri dari obyek :

– mobil, bis, truk, motor, becak dan sepeda

  • Kategori dari class ini bergantung kepada semesta pembicaraan

– Class Kendaraan bermotor maka obyek :

  • mobil, bis, truk, motor.

Sub Class

  • Dalam perusahaan, apakah costumer mempunyai nama?

– Tentu.
– Tetapi, mengapa?
– karena costumer adalah orang, orang memiliki nama

  • Apakah Nasabah memiliki Tingkat Upah?
  • Tidak, hanya orang :Karyawan yg memiliki salah satu dari tingkat upah !

Class dan Klasifikasi

  • Menemukan Class merupakan aktifitas inti dari OOA.
  • Kemudian membangun sebuah Class Diagram dan tambahkan atribut dan behavior ke dlmnya.

Objek Transient dan Persistent

  • Untuk setiap kelas yg kita buat, kita harus memutuskan apakah obyek ini harus:
  • Transient, hancur pada atau sebelum akhir sesi, atau
  • Persistent, disimpan pd storage untuk waktu yang cukup lama.

Obyek : Class atau Instance

  • Kelas Objek merupakan wadah bagi Objek. Dapat digunakan untuk menciptakan Objek.
  • Objek mewakili fakta/keterangan dari sebuah kelas
  • Kelas merupakan struktur umum dari objek2 tertentu. Misal saya, anda dan yg lainnya adalah objek, yg termasuk dalam kelas manusia. Istilah objek dan kelas adalah dua hal yg berbeda.
  • Dalam bahasa pemrograman, sering dikatakan bahwa objek merupakan instansiasi dari sebuah kelas.
  • Instansiasi  merupakan wujud nyata dari suatu objek. Sebagai contoh: jika terdapat kelas manusia, maka udin, amir dan ali adalah instance dari kelas manusia.
  • Objek-objek pada sebuah class disebut instance dari class. Setiap instance mempunyai nilainya sendiri untuk setiap atribut, tetapi nama atribut dan method-nya sama seperti instance lainnya dari sebuah class.
  • Dianalogikan juga bahwa tipe data adalah kelas, sedangkan var yg didefinisikan berdasarkan tipe data tersebut adalah objek. Sebagai contoh jika:
    x : integer;
  • berarti objek x adalah instance dari kelas integer.

Asosiasi

  • Asosiasi digunakan untuk menghubungkan antara kelas dengan kelas lainnya.
  • Seseorang dpt mengendarai mobil dan juga dpt mengendarai motor.
  • Maka kelas orang berasosiasi dengan kelas mobil dan sekaligus dengan kelas motor.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s