PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK : BAB 6

Building the Requirements Model

Pendahuluan

  • Analisa kebutuhan merupakan langkah awal untuk menentukan perangkat lunak seperti apa yang akan dihasilkan.
  • Perangkat lunak yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna sangat bergantung kepada keberhasilan dalam melakukan analisa kebutuhan.
  • Proses mempelajari kebutuhan pemakai untuk mendapatkan definisi kebutuhan sistem atau perangkat lunak [IEE93].
  • Proses untuk menetapkan fungsi dan unjuk kerja perangkat lunak, menyatakan antarmuka perangkat lunak dengan elemen-elemen sistem lain, dan menentukan kendala yang harus dihadapi oleh perangkat lunak [PRE01].
  • Analisa kebutuhan adalah sebuah proses untuk mendapatkan informasi, model, spesifikasi tentang perangkat lunak yang diinginkan klien/pengguna.

Faktor-faktor analisa kebutuhan

  • Lengkap, semua yang diharapkan oleh klien telah didapatkan oleh pihak yang melakukan analisa.
  • Detail, berhasil mengumpulkan informasi yang rinci sampai hal-hal yang kecil
  • Benar, semua data haruslah benar, sesuai apa yang dimaksud oleh klien, bukan benar menurut apa yang difikirkan oleh pihak yang melakukan analisa.

Langkah-langkah analisa kebutuhan

  • Komunikasi yang baik, mengenal user lebih dekat
  • Mengetahui “apa”, tentang apa yang dikerjakannya, apa data yang menjadi masukan, apa yang dihasilkan.
  • Gunakan istilah yang sederhana
  • Terbuka dengan langkah yang dilakukan dlm pembuatannya termasuk konsekuensinya
  • Menampilkan contoh nyata.

PELAKSANAAN ANALISIS KEBUTUHAN

  • Untuk setiap peruntukan perangkat lunak, tentukan manfaat atau fungsi utamanya.
  • Dari masing-masing manfaat atau fungsi utama tersebut, tentukan bagaimana proses penggunaan atau interaksinya dengan pemakai.
  • Klasifikasi proses interaksi mana yang merupakan proses pengolahan data.
  • Tentukan antarmuka eksternal dan kinerjanya.
  • Buat daftar kebutuhan kemudian modelkan

DAFTAR KEBUTUHAN KINERJA
Contoh:

  • Perangkat lunak harus dapat dioperasikan maksimal sampai 5 pemakai.
  • Boleh ditambahkan dengan atribut kualitas perangkat lunak, misalnya:
  1. Sistem login untuk masing-masing pemakai di awal penggunaan perangkat lunak
  2. Fasilitas backup data historis sesuai periode yang diinginkan
  3. Fasilitas untuk load data historis yang sudah di-back up

PEMODELAN KEBUTUHAN FUNGSIONAL

  • Menggambarkan / menyajikan kembali kebutuhan fungsional perangkat lunak dengan menggunakan diagram dan notasi (tools) tertentu.
  • Diagram dan notasi yang digunakan:
  1. Context Diagram
  2. Data Flow Diagram (DFD)
  3. UML

PEMODELAN KEBUTUHAN FUNGSIONAL ( 2 )
Bagaimana cara memodelkan kebutuhan fungsional ?

Penyebab software gagal diimplementasikan

  • Software yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna (user).  Contoh, instansi sekolah, kebutuhan pengguna yang paling mendesak adalah untuk mengefektifkan proses penerimaan siswa baru, namun justru yang dibuat malah sistem absensi siswa atau sistem perpustakaan.
  • Software yang dihasilkan tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pengguna (perusahaan). Contohnya permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah proses pelaporan yang lambat dan tidak segera sampai ke pimpinan yang sering berada di luar kota. Solusi yang ditawarkan justru aplikasi berbasis desktop dimana untuk mengakses aplikasi pimpinan harus berada di kantor.
  • Software yang dihasilkan tidak sesuai dengan kondisi perusahaan (instansi). Misalnya untuk sebuah instansi yang hanya memiliki beberapa buah komputer tanpa adanya jaringan, ternyata dibuatkan suatu sistem yang berbasis client-server dimana diperlukan konektivitas antar semua komputer.
  • Software yang dihasilkan tidak user-friendly dan lebih rumit dari proses yang sudah ada saat ini, sehingga pengguna dari sistem dapat mengalami banyak kesulitan dan kekecewaan terhadap sistem
  • Software yang dihasilkan dibangun dengan teknologi tinggi dan mutakhir namun tidak tepat guna. Contohnya penerapan SMS Gateway dalam sistem penjualan di suatu toko kelontong yang pelanggannya hanya tetangga sekitarnya.

Seharusnya….
Software yang baik adalah software yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna, serta menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pengguna maupun perusahaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s